Pesona Curug Country Jonggol, Air Terjun Tengah Kota

Diperbarui: 4 hari yang lalu

Kota Bogor memang sudah terkenal sebagai Kota dengan wisata alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan ketika berada di Kota Bogor adalah Curug Country Jonggol.


Seperti namanya, objek wisata ini berupa air terjun kecil. Curug satu ini juga dikenal nama curug jodoh. Curug satu ini terkenal karena bentuknya yang menyerupai air terjun terbesar di dunia yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Niagara.


Jika dilihat, air terjun kecil ini memang terlihat seperti versi mini dari Air Terjun Niagara. Seperti halnya air terjun. Selain suara air yang menenangkan, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.


Sangat cocok sebagai tempat wisata di Jonggol Cileungsi. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai objek wisata di Kota Bogor satu ini.


Mengenai Curug Country Jonggol

Curug Country Jonggol 4

Foto: Google Maps

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Curug Country Jonggol terkenal sebagai replica mini Air Terjun terbesar di dunia yaitu Niagara. Jadi, memang curug ini tidak memiliki ukuran yang besar bahkan cenderung kecil.


Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi. Keunikan dari curug satu ini adalah jatuhnya air pada bebatuan yang bertingkat membuat jalur air terlihat semakin indah. Pada bagian bawah bebatuan, ada kolam untuk menampung air yang turun.


Kolam ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mandi atau bermain air. Sebelum air langsung turun ke bagian bawah di mana alirannya sudah menjadi cukup deras. Suasana di sekitar curug juga sangat asri dan menenangkan.


1. Lokasi Objek Wisata


Seperti namanya, lokasi air terjun ini berada di daerah Jonggol. Alamat tepatnya ada di Jalan, Cijejetpolri di Kecamatan Tanjungsari pada Bogor Kabupaten. Akses untuk menuju lokasi Curug ini terbilang tidak sulit.


Para pengunjung bisa mengikuti rute Jonggol menuju Cariu kemudian ke Cianjur. Namun, sampai di Cariu. Calon pengunjung jangan melanjutkan perjalanan ke Cianjur. Melainkan, mengikuti rute yang menuju Kecamatan Tanjung Sari.


Jika, para calon pengunjung sudah sampai di Kecamatan Tanjung Sari. Tidak akan terlalu sulit untuk menemukan lokasi air terjun ini. Karena akan ada banyak papan penunjuk arah yang terpasang menunjukan jalan ke lokasi Curug Cariu Jonggol. Jika para pengunjung memang berniat berwisata di Curug Country Jonggol ini. Sangat disarankan agar membawa kendaraan pribadi saja. Hal ini karena belum ada transportasi massal yang langsung menuju objek wisata ini.

Curug Country Jonggol 3

Foto: Google Maps

2. Harga Tiket Masuk Ke Lokasi


Harga tiket masuk Curug Country Jonggol terbilang sangat terjangkau. Untuk perorangan, hanya dikenakan biaya Rp10.000 saja. Biaya ini belum termasuk dengan biaya untuk fasilitas tempat parkir.


Untuk fasilitas parkirnya sendiri, para pengunjung dikenakan biaya lagi tergantung dengan kendaraan yang dibawa. Untuk kendaraan motor hanya dikenakan biaya sebesar Rp4.000 saja. Sedangkan, untuk yang membawa kendaraan mobil biayanya adalah Rp7.000.


3. Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Curug


Karena ini mengedepankan konsep wisata yang alami dan asri. Tidak heran jika Curug Country Jonggol tidak mengalami banyak renovasi untuk penambahan fasilitas. Namun sebagai objek wisata sebenarnya fasilitas yang ada cukup memadai.

Seperti adanya toilet dan tempat parkir bagi para pengunjung Curug ini. Jika para pengunjung berencana untuk menginap dan menghabiskan waktu di dekat curug. Penginap terdekat ada pada jarak sekitar 10 KM dari Curug ini.


Jaraknya sampai 30 menit perjalanan. Akomodasi lain seperti restoran dan transportasi umum juga baru ada di jarak 10 KM dari curug.

Itulah ulasan mengenai Curug Country Jonggol. Curug ini adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Terutama bagi pengunjung yang ingin memisahkan diri dari keramaian kota untuk sementara waktu.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua