5 Rekomendasi Terbaik Tempat Camping di Bandung Pinggir Sungai

tempat camping di Bandung pinggir sungai

Camping dapat menjadi salah satu opsi liburan terbaik. Camping dengan suasana alam dan berada di pinggir sungai kini juga ramai dicari, terutama yang berada di daerah Bandung. Berikut, 5 rekomendasi terbaik tempat camping di Bandung pinggir sungai yang bisa dicoba.

1. Wisata Pineus Tilu Riverside Camping

tempat camping di Bandung pinggir sungai
Foto: Instagram Pineus Tilu Riverside Camping

Tempat camping di Bandung pinggir sungai yang satu ini merupakan destinasi wisata yang populer untuk berkemah. Area perkemahan tersebut berada di pinggir sungai yang dikelilingi pepohonan pinus. Wisata tersebut mengangkat konsep alam sehingga suasana tempatnya dipertahankan alami.

Selain camping, pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas seru lainnya seperti memancing, barbeque, dan rafting. Lokasi camping ini berada di kawasan Hutan Pinus Rahong Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

Lokasi tersebut dekat dengan Situ Cileunca yang airnya masih jernih. Ditambah lagi, pengunjung benar-benar bisa merasakan tempat berkemah di pinggir sungai. Selain itu, dilengkapi pula dengan fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan.

2. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

tempat camping di Bandung pinggir sungai
Foto: Google Maps

Tempat camping di Bandung berikutnya yang bisa dikunjungi, yaitu Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Tempat camping tersebut terletak di bawah bukit dengan padang rumput yang luas dan berada di sekitar tepi sungai.

Bagi pengunjung yang menyukai suasana asri alam yang masih natural, wajib mencoba tempat camping ini. Keberadaan bukit, rumput, dan sungai yang menjadi satu akan menciptakan suasana camping yang tenang, asri, dan tentunya sejuk.

Tempat camping ini juga cocok bagi para backpacker ataupun pengunjung dengan suasana alam terbuka dengan alas matras dan ditutupi tenda camping. Adapun untuk fasilitasnya terdiri dari toilet, warung makan, tempat sholat, dan lainnya.

3. Bale Bambu Adventure Bandung

tempat camping di Bandung pinggir sungai
Foto: Google Maps

Jika mencari tempat camping di Bandung pinggir sungai dengan biaya yang relatif murah, bisa mencoba datang ke Bale Bambu Adventure Bandung. Lokasi camping di Bandung ini tepatnya berada berada di Kecamatan Soreang. Tempat camping tersebut juga dekat dengan beberapa lokasi wisata lainnya.

Destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi di antaranya rumah makan sunda Kampung Sawah, Pesona Nirwana Waterpark, Kampung Batu, dan Taman Love Soreang. Camping di pinggir sungai pun makin lengkap dengan panorama pegunungan.

Selain itu, disediakan pula paket khusus keluarga seperti Paket Family Gathering Bandung. Harga sewanya pun kurang dari 500 ribu dan telah disediakan berbagai fasilitas mulai dari makan, api unggun, hingga sleeping bag.

4. Wisata Alamendah Aboretum Park

tempat camping di Bandung pinggir sungai
Foto: Google Maps

Wisata ini termasuk baru yang di daerah Ciwidey, Bandung. Tempat camping di Bandung pinggir sungai ini memiliki daya tarik berupa wahana air terjun Curug Awi Langit. Lokasi camping ini sangat jauh dari keramaian dan udaranya sejuk sehingga cocok untuk refreshing secara tenang.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di antaranya spot foto, outbond, kafe ataupun resto, cottage, hingga gathering. Biayanya pun relatif sangat murah dibandingkan beberapa tempat camping lainnya. Cukup dengan biaya kurang dari 50 ribu, pengunjung bisa masuk dan camping.

5. Ciwangun Indah Camp Bandung

tempat camping di Bandung pinggir sungai
Foto: instagram.com/outboundcic_lembang

Tempat camping ini cukup luas, yakni berkisar 22 hektar dan berada pada ketinggian 1000 mpdl. Suasana camping di sini makin terasa alami dengan dikelilingi rimbunnya pohon pinus sehingga akan terasa teduh dan sejuk.

Di samping itu, ada objek wisata danau buatan, air terjun, sungai, hingga kebun teh yang bisa dinikmati sembari berkemah. Untuk fasilitas lainnya yang bisa dinikmati seperti permainan air soft gun, outbond, dan lainnya. Wisata ini berlokasi di Kecamatan Parompong, Bandung Barat.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi terbaik sebagai tempat camping di Bandung pinggiran sungai. Disarankan pula ketika memilih lokasi liburan memperhatikan setiap fasilitas yang disediakan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

XoXo, Travelbeib Signature on About Page

Recent post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป